Khoirul86’s Blog

Just another WordPress.com weblog

Internet, Bengkel dan Dunia Pendidikan di Indonesia

Pendidikan adalah modal utama bagi setiap bangsa untuk dapat mengembangkan sayapnya di kancah Internasional. Tanpa pendidikan, suatu bangsa tidaklah mungkin bisa secepat kilat diterima oleh dunia. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus memiliki kesatuan standar dalam pelaksanaan prosesnya, baik perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam hal evaluasi, maka dibentuklah BNSP. Sehingga seluruh proses dalam mendidik bangsa tidak pincang di salah satu penopangnya.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh setiap guru di Indonesia supaya memiliki kualitas pengajaran yang sedikit lebih berkelas dari pada pengajaran-pengajaran sebelumnya?

Pendidikan di Indonesia, seperti yang kita tahu, sangatlah jauh dari harapan yang diharapkan masyarakat. Terutama di daerah-daerah, banyak sekolah-sekolah belum memiliki sarana prasarana yang menunjang suksesnya pembelajaran. Katakanlah ketersediaan media pembelajaran, sangat jauh berbeda. Perbedaan itu tampak sangat jelas manakala kita membadingkan sekolah kota dan sekolah di daerah. Lalu apakah sekolah hanya milik anak-anak bangsa yang hidup di kota? Tentu tidak bukan? Sebuah sekolah dengan posisi yang strategis baik lokasi, akademik maupun secara birokrasi pastilah dengan mudah mendapatkan media pembelajaran yang lebih dari cukup yang diperoleh dari dinas terkait. Tinggal penggunaannya bisa dimaksimalkan apa tidak? Itu masalah lain yang harus dibahas lebih lanjut oleh birokrat elit di dunia pendidikan.

Seandainya, sekolah kita analogikan sebagai sebuah bengkel, tentunya kita tidak bisa memukul rata bahwa bengkel memiliki perkakas yang lengkap dalam melayani konsumennya.  Ada bengkel yang memiliki fasilitas sangat lengkap, bersih, dan nyaman, seperti bengkel-bengkel tunjukan dari sebuah perusahaan otomotif. Ada juga bengkel yang hanya memiliki alat seadanya, seperti bengkel-bengkel kecil dengan modal seadanya, kotor, penuh bekas oli dimana-mana. Lalu apakah etis seandainya dari kedua macam bengkel tadi kemudian dilakukan evaluasi (UASBN) dengan poin-poin evaluasi yang memaksa semua bengkel mengikuti kondisi yang ditetapkan oleh sang evaluator, tanpa memandang ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah tersebut? Ironis memang.

Melihat keadaan tersebut, kita sebagi guru haruslah berani memutar otak untuk menemukan cara atau celah supaya kita memiliki ketersediaan alat-alat penunjang pembelajaran. Inilah tantangan bagi kita untuk menguasai teknologi informasi. Betapa tidak? Saat kita berhadapan dengan internet, kita seperti dihadapkan pada sebuah perpustakaan yang memuat semua buku, peta,  sejarah, media, dll. Semuanya tersedia, tinggal bagaimana kelihaian kita dalam mencari “alat-alat” itu di dunia internet yang tentunya gratis untuk diunduh. Tentunya kalau kita memiliki akses ke internet?

Iklah internet ke sekolah-sekolah sudah pernah lama kita saksikan di televisi. Tetapi apa faktanya sampai sekarang? Hanya beberapa sekolah yang memiliki akses ke internet. Itupun dengan biaya sendiri. Ironisnya lagi, di era 2010 ini masih ada juga sekolah yang belum memiliki komputer. Pantas saja kalau pendidikan di Indonesia menduduki peringkat 63 tingkat Internasional. Sebenanya akses internet untuk sekolah-sekolah adalah modal dasar baru bagi dunia pendidikan untuk memunculkan pendidikan yang bermutu di Indonesia. lalu kapan pihak terkait menginvestasikan sedikit dari anggarannya untuk meng-onlinekan seluruh sekolah di Indonesia?

Akankah jadi mimpi atau kenyataan? Selalu optimis… Karena dengan bersama pasti kita bisa.

(Follow up pelatihan ICT di UPT Pendidikan Kecamatan Undaan Kabupaten kudus. Keynote Speaker : Hindraswari Enggar D_-_Erlangga)

Maret 1, 2010 - Posted by | Uncategorized

1 Komentar »

  1. Bener, bener, memang gitu. Masih terlalu sedikit sekolah yg bisa akses internet. Pemerintah sudah ada program bantuan internet ke sekolah2, tapi masih terlampau sedikit sekolah2 yang dapat proyek itu.

    Komentar oleh M Mursyid PW | Maret 10, 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: